jump to navigation

Visual Basic (2): Membaca dan Menulis File Text July 18, 2006

Posted by sarach in Tips Programming, Visual Basic.
trackback
Visual Basic Hampir setiap pemrograman yang saya lakukan, memerlukan perintah untuk membaca dan menulis File text.
Sebagai tambahan Informasi, kali ini saya akan menampilkan syntax  bagaimana caranya membaca dan menulis file text melalui bahasa pemrograman Visual Basic.
Berikut List Syntaxnya …

1. Menulis Ke File Text  

  Dim LocTextFile As String
    LocTextFile = “C:\windows\SvAdd.txt”
   
    Open LocTextFile For Output As #1   ‘Buka file text
       Print #1, “Server_Name”    ‘Modify Baris Pertama”
       Print #1, “Database_Name”  ‘Modify Baris Kedua
       Print #1, “User”           ‘Modify Baris Ketiga
       Print #1, “Pwd”            ‘Modify Baris Keempat
    Close #1

2. Membaca dari File Text

    Dim LocTextFile As String
    Dim ServerAddress  As String
    Dim DatabaseName As String
    Dim UserID As String
    Dim PwdSql As String  
  LocTextFile = “C:\windows\SvAdd.txt”
    Open LocTextFile For Input As #1    ‘Buka file text
       Line Input #1, ServerAddress      ‘Baca Baris Pertama
       Line Input #1, DatabaseName       ‘Baca Baris Kedua
       Line Input #1, UserID             ‘Baca Baris Ketiga
       Line Input #1, PwdSql             ‘Baca Baris Keempat
    Close #1 ‘Tutup File file text

Selamat Mencoba !!

For English Version:
visit : http://e-pondokindah.blogspot.com/

Comments

1. zaza - August 24, 2006

berguna bagi yang ingin mempelajari visual basic,tapi tambahin bahannya ya!biar bisa jadi bahan soalnya mo tugas akhir ne…perlu bantuan ne…kalo bisa membahas membuat game dega visual asic ato membuat animasi ….thanx deh…maju terus ya….

—–

Ya terimakasih,
maju maju maju maju (kayak film kartun olie polie😀 , kegemaran anakku sarach)

2. cecep sanusi - August 30, 2006

Hallo mas salam kenal,…
Mas ada conto lainya ga yang bisa disimpan (field) untuk tabel database.
Oh ya itu yg cover kuning kuning itu gimana cara dapetin bukunya?

yo thanks.

—–
Salam Kenal Juga,
Contoh lainnya  yg menyimpan record ditable, bisa dilihat diposting ini :
https://pondokindah.wordpress.com/2006/08/30/visual-basic-mysql-vsflexgrid-crystal-report-2/

Untuk yang cover kuning, itu saya dapat di web😀 (cuman gambar aja)

3. suwandi - August 31, 2006

Gimana membuat tampilan vb biar menarik


deketin org yg jago design, ambil ilmunya terapkan di pemrograman😀

4. Momon - September 4, 2006

Mas,kalo user id dan password disave gitu aja ke file text, kan gampang sekali diketahui.
Apakah dalam penulisan ke file text bisa dienkrip dulu, trus ntar bacanya deskrip lagi.
Gmn ya syntaks tambahannya?

——–
Memang betul gampang sekali diketahui, oleh karenanya file yg disimpan sebaiknya jangan menggunakan ekstension txt, gunakan ext yang mirip dengan file system windows misal init64.dll atau lainnya. dan juga taruh filenya yg kira2 hanya programmer dan Yang Diatas saja yang tau😉 .
kalo mau ditambah enkripsi juga bisa, silahkan liat posting saya mengenai enkripsi :
https://pondokindah.wordpress.com/2006/08/05/visual-basic-4-enkripsi-encrypt-2/

5. henry - September 11, 2006

Mas mau nanya dong, coding buat comand lsg print tanpa lsg harus tampilin report form terlebih dahulu apa yah? kok saya selalu muncul report nya dulu..

Crystal report kah ???
kalo iya coba set crystalreport destinationnya

.Destination = crptToFile
atau

.Destination = crptToPrinter

6. henry - September 11, 2006

Mas mau nanya dong, coding buat comand lsg print tanpa lsg harus tampilin report form terlebih dahulu apa yah?

Crystal report kah ???
kalo iya coba set crystalreport destinationnya

.Destination = crptToFile
atau

.Destination = crptToPrinter

7. marto - September 16, 2006

mas mau nanya biar program yang kita buat bagus nampaknya kita pakai data base apa

8. Mega Imam Buchori - November 28, 2006

Saya ingin membuat program disertai dengan sound (mp3,wav), misalnya dengan suara – suara binatang. Saya minta tolong contoh syntaknya…….. thanks

9. Rony Yudistira - February 7, 2007

mas, aku mau nanya gimana coding VB untuk baca/ambil gambar dan icon yang ada di DLL.
Please mas ya, kalo bisa sourcenya…

Thank’s 4 all

10. Badru - February 17, 2007

Mas mau nanya code untuk menghapus danmeng edit nya mana mas.. kok cuma menulis dan membeca aja…

11. dEdE - March 22, 2007

mas,saya mau nanya.kemarin saya sempat membuka file suara(.wav) dan menampungnya kedalam buffer, tapi pada saat saya mau ambil properti dari file tersebut kok malah ga bisa nampil (untuk file yang ukurannya 3 mb), tapi yang ukurannya kecil 14 kb bisa-bisa aja.
file = tabuh_telu.wav ukuran 52,7 mb
syntax yg saya coba
Dim MyInt As Integer
Dim MyByte As Byte
Dim MyStr As String * 4
Dim MyLong As Long
Dim FileBuffer() As Byte
Dim FileO As Integer
Dim SampleRate, BytesPerSample, FileSize As Long
FileO = FreeFile
Open “F:\New Folder/TABUH_TELU.WAV” For Binary Access Read Lock Read As #FileO
Get #FileO, , MyStr: Label1.Caption = Label1.Caption & vbNewLine & “Riff = ” & (MyStr)
Get #FileO, , MyLong: Label1.Caption = Label1.Caption & vbNewLine & “File size = ” & MyLong
FileSize = MyLong
Get #FileO, , MyStr: Label1.Caption = Label1.Caption & vbNewLine & “Wave = ” & MyStr
Get #FileO, , MyStr: Label1.Caption = Label1.Caption & vbNewLine & “Format = ” & MyStr
Get #FileO, , MyLong: Label1.Caption = Label1.Caption & vbNewLine & “Any = ” & MyLong
Get #FileO, , MyInt: Label1.Caption = Label1.Caption & vbNewLine & “formatTag = ” & MyInt
Get #FileO, , MyInt: Label1.Caption = Label1.Caption & vbNewLine & “Channels = ” & MyInt
Get #FileO, , MyLong: Label1.Caption = Label1.Caption & vbNewLine & “Samples per Sec = ” & MyLong
SampleRate = MyLong
Get #FileO, , MyInt: Label1.Caption = Label1.Caption & vbNewLine & “Bytes per Sec = ” & MyInt
Get #FileO, , MyInt: Label1.Caption = Label1.Caption & vbNewLine & “BlockAlign = ” & MyInt
Get #FileO, , MyInt: Label1.Caption = Label1.Caption & vbNewLine & “Bytes per Sample = ” & MyInt
Close #FileO

mohon pencerahannya……………

12. conradsharry - March 23, 2007

salam kenal:-)
saya suka tulisan mas tentang VB, kebetulan saya juga lagi belajar VB, sekalian mohon ijin buat nge-link di blog saya ya.. biar gak lupa, juga teman2 lain bisa nyimak juga tulisan anda… salam:-)

13. muhammad imron - June 15, 2007

Ada yang tahu Buku panduan VB 5 atau VB 6 yang untuk beginner tapi yang lengkap dan banyak contohnya seperti ‘Help’ gitu.Kalau bisa yang bahasa Indonesia sih.Soalnya kalo di Toko-toko Buku biasanya kulit-kulitnya doang alias ga tuntas.
Thanks.

Imron

14. mbenk - June 21, 2007

ACCCH biasa aja tuch codenya
kasih yang lebih mantap donk
yannng lebih maknyoooss
biar loch terkeenal akan hasil loch!!!!

15. mbenk - June 21, 2007

och ya…..!!!!!!!!!!!!!!!!!!????
aku pemula nich di dunia pemrograman
aku pengen tau ggimana caranya buat animasi text dari vb6 ato daari asp aaato juga dari html
pleasse donk ach!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!>>

16. himura - July 16, 2007

thanks
mas nanya dong
caranya mengirim hasil running progam ke exell ato ke notepad,
sama cara embuat tampilan yang bagus di vb, seperti ad animasi yang lain-lain

17. subur cahyadi - July 17, 2007

mas bagaimana cara mebuat file text dari vb apa dengan cara createtextfile()?

lalu cara mendeletenya bagaimana mas apakah dengan cara deletetextfile()?

Thanks mas

18. sisca - July 22, 2007

Gimana code program untuk input gambar dengan VB?databasenya pake akses.thanks….

19. fernando manurung - August 2, 2007

gimana cara mempelajari vb.06 pak pemerogram tapi caranya mulai dari dasar ya coalnya aq masih baru mau belajar vb nehhh
tolong ya pak / buk yang baeeeeek
thanks bossssssssss

20. fernando - August 29, 2007

pak / ibu yang baik dan yang cantik gimana sih cara menggunakan visual basic versi 06 mulai dari awal aja yach sampai akhir kirim ja ke email ku fernando_gaul@yahoo.co.id

21. dito - September 20, 2007

gimana ya cara menggunakan visual basic pak saya pemula dalam hal ini

22. sheries - September 23, 2007

thank baget tutor nya
gue sangat terbantu dg tutor nya
klo bisa di isi tutor yang lengkap tentang vb dong

23. yoga - September 25, 2007

mas mo nanya gimana ya caranya menghapus file,file itu dalam bentuk hiperlink menggunakan perintah visual basic,terima kasih..

24. ulhae_07 - October 2, 2007

saya mo tanya?saya pengen compile program saya ke .EXE tapi ada pesan error.saya ngerti kalau ada listing program saya yang error.tapi kalau dijalankan masih bisa, kadang aja kalau ada yang pengen diedit/ditambahkan sewaktu sebelum saya mau menginputkan data ada message box yang menyatakan ada prosedur yang salah dalam program yang saya buat.tapi tidak ada yang menunjukan kesalahan pada prog.saya,cuma ada pesan kotak tsbt.setelah saya klick ok bisa lagi diisi kembali and lancar.minta solusinya donkk biar prog saya bisa di buat menjadi .EXE dan setup nya kembali????saya dh bingung banget nii,please!!!!

25. ulhae_07 - October 2, 2007

oiaaaa….program saya buat tersebut pke visual basic06…,sory lupa tulis..buru2x jadinya lupa dech,hehehe

26. man2_serang - November 21, 2007

mas tolong donk, minta contoh program visual basic 6 yang buat program terbilang kaya di kwitansi itu lhoo… tapi dengan tambahan suara, jadi kalo ditekan angka 1500, maka akan keluar suara mengikuti angka tersebut. please…!!!
sebelumnya terima kasih.

27. man2_serang - November 21, 2007

kirim ke email :man2_serang@yahoo.com

28. Sbn_jkt - November 29, 2007

Halo pak admin, salam kenal..

Saya mau donk sintax buat ngebaca ribuan data dari textfile (noteped) trs data tsb di langsung di convert k database & langsung di cetak ke printer.. please bgt !!.. mas minta tolong donk kasih tutorial & contohnya bwt tugas nih..

Thx bgt atas bantuannya. salam

29. capt - January 19, 2008

buat k printer nya blom
layout tampilannye lo model gmn
Model Stroke ape

Ape model Cystal Report

30. eRwiN - January 30, 2008

mas, gimana cara baca binnary file kemudian menampilkannya dalam db grid…

thanks for the help

31. pramadia - February 24, 2008

bagaimana caranya melebarkan tabel dalam crystal report 8.5 atau 10 dalam posisi landscape?

32. hartoto - March 1, 2008

tulis ke file dengan vb sangat bagus untuk belajar
database sederhana

nulis file, baca
klo bisa edit dan searching data sekalian
mengunakan algoritma yang sederhana
biar nyambung dengan mata kuliah….

33. Imam Syahputra - March 28, 2008

Thank’s Bro

34. boel - April 2, 2008

saya pemula nih… tlong kasih tahu saya gimana menggambar pada vb.60 seperti pascal dimana programnya nanti bisa dibuat gambar n menjalankannya dengan mengisi angka2 pada gambar tersebut… trims ya

35. alex - May 7, 2008

gw mau belaja bikin web di noteped giman sih caranya gw g ngerti minta petunjuk

36. mulyanto - May 20, 2008

wah saya juga lagi nyari artikel ini Pak.. tapi kebalikannya.. pengen insert data dari file text ato excel ke dalam database (pake sql server express), kalo tau bisa tolong saya dong..
thanks..
salam..

37. agus santoso - May 21, 2008

mas, bagaimana dan cara apa untuk mencetak hasil proses ke layar kemudian dari layar di tambahkan tombol cetak hasil cetakannya keluar ke printer
saya masih dalam tahap belajar
trim …

38. c4m - May 24, 2008

mu taya error 80010108 error apa ya..
oya ….ikut gabung aja….he…he..:)

39. chandra - June 15, 2008

mas saya mau tanya bagaimana caranya mempelajari syntax vb, soalnya saya coba pelajari tapi gak ngerti apalagi buat koneksi ke database.. atau mungkin mas bersedia mengajarinya ,,terima kasih

40. cherry sutanto - August 14, 2008

tolong dong mas saya pengen mahir vb 6.0 dan sql server 2000 untuk buat program input data perusahan

41. BrokLyN - September 19, 2008

kalo perintah untuk membaca file txt di VB.Net bisa ga?????
tlng dunks !

42. Johan Sampoerno - October 23, 2008

mas, saya johan sampoerno dari Aceh, Newbie ni mas.. saya pake treeview dengan vb6 sebagai menu untuk menampilkan form yang berbeda, masalahnya saya pengen nampilin form yang berbeda didalam form utama tanpa mdi form..klo memang pake usercontrol cara load ke form utama nya gimana?

43. JHONE REYZ - February 17, 2009

gimana sich buat program pake vb !!! kasih tau donk ???


Sorry comments are closed for this entry

