jump to navigation

Visual Basic (3) : Enkripsi / Encrypt (1) August 3, 2006

Posted by sarach in MYSQL, PHP, SQL Server, Tips Programming, Visual Basic, Web Master.
trackback
Encrypt Di bidang kriptografi, enkripsi ialah proses mengamankan suatu informasi dengan membuat informasi tersebut tidak dapat dibaca tanpa bantuan pengetahuan khusus. Dikarenakan enkripsi telah digunakan untuk mengamankan komunikasi di berbagai negara, hanya organisasi-organisasi tertentu dan individu yang memiliki kepentingan yang sangat mendesak akan kerahasiaan yang menggunakan enkripsi. Di pertengahan tahun 1970-an, enkripsi kuat dimanfaatkan untuk pengamanan oleh sekretariat agen pemerintah Amerika Serikat pada domain publik, dan saat ini enkripsi telah digunakan pada sistem secara luas, seperti Internet e-commerce, jaringan Telepon bergerak dan ATM pada bank.

Enkripsi

Di bidang kriptografi, enkripsi ialah proses mengamankan suatu informasi dengan membuat informasi tersebut tidak dapat dibaca tanpa bantuan pengetahuan khusus. Dikarenakan enkripsi telah digunakan untuk mengamankan komunikasi di berbagai negara, hanya organisasi-organisasi tertentu dan individu yang memiliki kepentingan yang sangat mendesak akan kerahasiaan yang menggunakan enkripsi. Di pertengahan tahun 1970-an, enkripsi kuat dimanfaatkan untuk pengamanan oleh sekretariat agen pemerintah Amerika Serikat pada domain publik, dan saat ini enkripsi telah digunakan pada sistem secara luas, seperti Internet e-commerce, jaringan Telepon bergerak dan ATM pada bank.

Enkripsi dapat digunakan untuk tujuan keamanan, tetapi teknik lain masih diperlukan untuk membuat komunikasi yang aman, terutama untuk memastikan integritas dan autentikasi dari sebuah pesan. Contohnya, Message Authentication Code (MAC) atau digital signature. Penggunaan yang lain yaitu untuk melindungi dari analisis jaringan komputer.

Daftar isi

Ciphers

Sebuah cipher adalah sebuah algoritma untuk menampilkan enkripsi dan kebalikannya dekripsi, serangkaian langkah yang terdefinisi yang diikuti sebagai prosedur. Alternatif lain ialah encipherment. Informasi yang asli disebuh sebagai plaintext, dan bentuk yang sudah dienkripsi disebut sebagai chiphertext. Pesan chipertext berisi seluruh informasi dari pesan plaintext, tetapi tidak dalam format yang didapat dibaca manusia ataupun komputer tanpa menggunakan mekasnisme yang tepat untuk melakukan dekripsi.

Cipher pada biasanya memiliki parameter dari sebagian dari informasi utama, disebut sebagai kunci. Prosedur enkripsi sangat bervariasi tergantung pada kunci yang akan mengubah rincian dari operasi algoritma. Tanpa menggunakan kunci, chiper tidak dapat digunakan untuk dienkirpsi ataupun didekripsi.

Cipher versus code

Pada penggunaan non teknis, sebuah secret code merupakan hal yang sama dengan cipher. Berdasar pada diskusi secara teknis, bagaimanapun juga, code dan cipher dijelaskan dengan dua konsep. Code bekerja pada tingkat pemahaman, yaitu, kata atau frasa diubah menjadi sesuatu yang lain. Cipher, dilain pihak, bekerja pada tingkat yang lebih rendah, yaitu, pada tingkat masing-masing huruf, sekelompok huruf, pada skema yang modern, pada tiap-tiap bit. Beberapa sistem menggunakan baik code dan cipher dalam sistem yang sama, menggunakan superencipherment untuk meningkatkan keamanan.

Menurut sejarahnya, kriptografi dipisah menjadi dikotomi code dan cipher, dan penggunaan code memiliki terminologi sendiri, hal yang sama pun juga terjadi pada cipher: “encoding, codetext, decoding” dan lain sebagainya. Bagaimanapun juga, code memiliki berbagai macam cara untuk dikembalikan, termasuk kerapuhan terhadap kriptoanalisis dan kesulitan untuk mengatur daftar kode yang susah. Oleh karena itu, code tidak lagi digunakan pada kriptografi modern, dan cipher menjadi teknik yang lebih dominan.

Tipe-tipe cipher

ADa banyak sekali variasi pada tipe enkripsi yang berbeda. Algoritma yang digunakan pada awal sejarah kriptografi sudah sangat berbeda dengan metode modern, dan cipher modern dan diklasifikasikan berdasar pada bagaimana cipher tersebut beroperasi dan cipher tersebut menggunakan sebuah atau dua buah kunci.

Diagram Enkripsi

Sejarah Cipher pena dan kertas pada waktu lampau sering disebut sebagai cipher klasik. Cipher klasik termasuk juga cipher pengganti dan cipher transposisi. Pada awal abad 20, mesin-mesin yang lebih mutakhir digunakan untuk kepentingan enkripsi, mesin rotor, merupkan skema awal yang lebih kompleks.

Metode enkripsi dibagi menjadi algoritma symmetric key dan algoritma asymmetric key. pada algoritma symmetric key (misalkan, DES dan AES), pengirim dan penerima harus memiliki kunci yang digunakan bersama dan dijaga kerahasiaanya. Pengirim menggunkan kunci ini untuk enkripsi dan penerima menggunakan kunci yang sama untuk dekripsi. Pada algoritma asymmetric key (misalkan, RSA), terdapat dua kunci terpisah, sebuah public key diterbitkan dan membolehkan siapapun pengirimnya untuk melakukan enkripsi, sedangkan sebuah private key dijaga kerahasiannya oleh penerima dan digunakan untuk melakukan dekripsi.

Cipher symmetric key dapat dibedakan dalam dua tipe, tergantung pada bagaimana cipher tersebut bekerja pada blok simbol pada ukuran yang tetap (block ciphers), atau pada aliran simbol terus-menerus (stream ciphers).

Dari Wikipedia Indonesia, ensiklopedia bebas berbahasa Indonesia.

Comments

1. iwances - September 20, 2006

kalau boleh bisa saya ingin meminta listing/sintaxnya sehingga saya mudah mempelajarinya….

2. wiek - December 11, 2006

pingin bergabung Menjadi programer


anda sudah menjadi programmer sekarg

3. untoro budi - January 3, 2007

salam.klo gak salah ttg enskripsi DES dan MD5 belum saya ketahui disini. boleh saya bertanya, bagaimana dengan steanografi?.mungkin saya yang salah mengerti. mohon penjelasannya, terimaksih

4. bingung - February 14, 2007

waduh.. masih bingung ne..

5. budi_samarinda - March 16, 2007

bagi-bagi donk , listing encrypt dan decrypt nya, biar tau gitu. Trims

6. yana - April 5, 2007

bagi-bagi listing program enkripsi donk….

7. zaen - April 19, 2007

kalu boleh saya minta kirim donk listing program persediaan barang

8. eful - April 24, 2007

saya ingin menjadi programmer handal,caranya gimana nih…h kasih tau dong

9. doni - April 25, 2007

saya ingin buat program penjualan barang buat TA kuliah saya .
plese tolong kasih tau dong listing program yang singkat cepat tapi padat.

10. dec - April 26, 2007

tolong bagi aku program enkripsi dan dekripsinya, jangan separoh-paroh ya, yang lengkap, supaya aku mengerti apa maksud program itu dan cara penggunaannya, juga kunci dari enkripsi tersebut

11. tita - May 2, 2007

saya ingin minta tolong untuk memberikan sedikit contoh listing yang ada, setidaknya contoh listing sederhana yang serupa dan sama maknanya, meskipun hanya sedikit untuk menjadi petunjuk dalam pembuatan…..

12. riva - May 7, 2007

saya mau minta tolong dong, saya dapat tugas bikin enskripsi sederhana. Kalau bisa kirimin dong program enskripsi menggunakan delphi n visual basic. TQ ya..

13. Dave - June 27, 2007

bang cara buat running text dari visual basic gimana ya…..
soalnya aq penasaran lihatin text-text berjalan yang ada di mol-mol qitu….
pleassssseeeee

14. dede - June 28, 2007

mas tolong bantuin saya dalam pembuatan program enkripsi.masalahnya saya sedang membuat skripsi tentang enkripsi data dan untuk saat ini saya sedang dalam kesulitan.tolong ya mas kirim ke e-mail saya (hand028@yahoo.com)

15. dh3sta - June 28, 2007

kalau boleh bisa saya ingin meminta listing/sintaxnya sehingga saya mudah mempelajarinya….

16. andra - July 6, 2007

mas tolong saya dalm kerjaain tugas akhir saya. saya ambil si persediaan barang dimana dalam pembuatan laporan nya sangat sulit karena memerlukan banyak tabel.yang saya tanyakn aku bingun mau pakai cristal repot tapi waktu mau mejalankan di komputer lain tidak bisa dibuka. apa yang saya lakukan karena jika sidang nanti harus menggunakan komputer dari kampus.please help me!!

17. elvi - August 20, 2007

Salam kenal untuk semua programmer2 handal…

Sya minta tolong dong, kirimi saya program enkripsi-dekripsi karena saya mau buat program u/ skripsi…udah mentok nih….plz…waktunya udh mepet….thx be4..

18. cd - September 6, 2007

kayaknya jdi programmer tu keren yaa! bagi-bagi ilmunya donk! Mau juga, buat pengetahuan, boleh tooooooooooo….

19. emma - September 21, 2007

mas tolong dong kirimin saya contoh program delphi tentang penjualan barang, kalo bisa yang lengkap dan cepat ya mas cz bwt tugas TA sekolah.atas krmannya makasih………

20. Diah - September 22, 2007

saya mau minta tolong dong, saya mau dikirimin dong program enskripsi dan dekripsi file menggunakan visual basic dengan algoritma RSA.. TQ ya..

21. ulla - October 30, 2007

tolong dong kirimkan rogram enkripsi dan deskripsi algoritma DES dengan bahasaprogram apa aja

22. taramita - October 31, 2007

untuk programmer2 handal lam knl ya?????????

saya mau minta tolong,bisa bantuin saya kirimin contoh program enkripsi data dengan menggunakan Visual basic gak,soalnya saya lagi butuh banget nih untuk menyelesaikan skripsi saya.kalau ada tolong kirim secepatnya ya????saya memerlukannya.

terima kasih

23. taramita - October 31, 2007

untuk programmer2 handal lam knl ya?????????

saya mau minta tolong,bisa bantuin saya kirimin contoh program enkripsi data dengan menggunakan Visual basic gak,soalnya saya lagi butuh banget nih untuk menyelesaikan skripsi saya.kalau ada tolong kirim secepatnya ya????saya memerlukannya.

terima kasih

24. hidayat - November 12, 2007

saya mau minta tolong dong, saya mau dikirimin dong program enskripsi dan dekripsi file menggunakan visual basic dengan algoritma RSA.. TQ ya..

25. Suyudi - November 23, 2007

Oke…

26. Dimas - December 2, 2007

Tolong Donk kasih kode program enkripsi……….
thx

27. Aziz - December 10, 2007

Tlong dong kirimin program enkripsi dan deskripsi pakai bahasa program delphi,yang sederhana2 aja.ni tugas kuliah aq,tlong yang cepat ya

28. ayu - December 17, 2007

saat ini aku lagi butuh bantuan banget………tolong kasih tau syntak nya membuat contoh program enkripsi dengan judul apa aja n agak gampang.

29. Dhe_Dhe - December 20, 2007

mas saya minta tolong dong. saya minta source program penjualan dong please…. saya bingung pas bagian koneksiin penjualan ama stok barang. soalnya penjualan kan mempengaruhi stok barang so kalo ada penjualan pasti stok barang berkurang kan?? tolong ya mas jawabannya kirim ke email saya dede_science@yahoo.com

thanks be4…..

30. dennis - December 29, 2007

mas,,dengan sangat hormat..saya minta tolong…program atau softwarenya program enkripsi dan dekripsi rsa..tolong banget ya…kirim ke dennis_zugi_03@yahoo.com

31. firdaus - January 11, 2008

saya ingin tahu cara membaca bahasa program

32. DENDENG_@8 - January 15, 2008

TOLONG KIRIMI KODE PROGRAM UNTUK MENGENKRIP FILE DONK, KALAU BISA MENGGUNAKAN PASCAL.

33. mus - January 24, 2008

tolong dong kirim listing programnya unutk saya pelajari dalam visual basic

34. carmen - January 31, 2008

untuk sample dalam bahasa C# 2005, link berikut mungkin bermanfaat
http://my.opera.com/imampersonal/blog/encrypting-in-c

35. arliyana STMIK Palangka Raya - February 21, 2008

Tolong kirimin saya listing program visual basic dunk….!!!!saya lagi dalam tahap pembelajaran neh….Ok.Thank’s

36. Yulia - March 15, 2008

can we use RSA encryption in VB 6? or only in VB.NET?

37. eroe - March 17, 2008

Slm Knl Buat Smua….
ksh tau dong contoh listing enkripsi&desk pake power builder…
please bgt.

38. Robby Sugiantoro - March 26, 2008

Salam untuk yang menerimanya
Terima kasih sebelumnya, kalo boleh tolong kirimkan
program enkripsi dan deskripsi

39. Yana_UMKCoy - March 27, 2008

Gimana sich sintaxnya enkripsi dengan menggunakan visual basic soalel ni lagi da tugas buat enkripsi dan deskripsi pake visual

40. windi - April 17, 2008

minta tolong donk…
listing program visual basic untuk pengaksesan hardware komputer,berkaitan dengan database. yang ringan n mdh di mengerti…saya baru belajar neh..
makasih..

41. heaven - May 10, 2008

bagi contoh listing enkripsi pake VB donk,,,

42. yan - May 13, 2008

kalo bisa saya minta listing program des buat vb6.0, pliss. e-mail saya mycroft_20@yahoo.com

43. Elwin - June 2, 2008

very nice article in Bahasa Indonesia. ini artikel serius pertama yang saya temui. saya sedang ada pekerjaan nih. Enkripsi non simetrik antara J2me ke server .net memakai algoritma RSA standar.

Nah ada algoritma yang beda pada “seed generation” sedangkan dalam .Net saya tidak bisa mengakses ke dalam “random generator” untuk seed nya, karena library nya tidak open source dari Microsoft. Ada usulan kah platform lain yang mungkin open source pada .NET

sedangkan untuk simetrik enkripsi, very kompatibel.

ardririanto@mobeeindonesia.com

44. joe - June 13, 2008

tolong kasih taw scripynya, text berjalan pada vb 6.0 donk please buat tugas TA saya d kuliah.

45. roy - June 14, 2008

slm tolong ksh tw donk? contoh cr2 bikin program penjualan komputer tnk

46. maspupah - June 15, 2008

tolong kirimkan kode program dan hasil tampilannya tentang enkripsi text untuk keamanan komputer

47. maspupah - June 15, 2008

tambah lagi kode program enkripsi yang berbeda jenis enkripsinya

48. honey - July 3, 2008

saya minta contoh listing program VB yang di koneksikan dg ms.access untuk persediaan barang pada sebuah toko

49. honey - July 3, 2008

oh iya hampir lupa sama normalisasi n rancangan tabel nya ya..coz untuk persiapan belajar bahan ujian

50. windy - October 23, 2008

aku windy di samarinda. ku lagi ngerjain skripsi niy,tentang enkripsi menggunakan RSA pake bahasa delphi. tolong donk bantuin aku kirimin contoh program enkripsi dan dekripsinya biar skripsi ku bisa selesai. plizzz……

51. rizki - October 29, 2008

assalammualaikum..,
slm kenal saya rizki di untag surabaya
saya mau minta tolong pada anda, untuk membuatkan program enkripsi dan deskripsi yang sederhana saja menggunakan visual basic, tlg dikirimkan di email saya raki_7393@yahoo.com
terima kasih…, ^-^

52. weeza - October 31, 2008

assalamualaikum..
Kalau ada listing program kriptografi algoritma RSA dg VB minta donk.
thanks….

53. uLfi - January 6, 2009

kAwAn..
kLo bOLe mNta syntax program Ny dUnk..please..

54. nissadwi - February 3, 2009

ehemmm….
is there anyone can help me please?
aku lagi buat program enkripsi dan dekripsi suatu pesan.. tapi a bingung. dah mentok abis ni.

jadi tu kan kalo pake alg DES cuma 8 huruf per proses enkripsi ya. nah kalo yang dienkripsi adalah suatu kalimat yang panjangnya lebih dari 8 hruf trus gmana tu cara nya?
aku pake visual basiic ni. kumohon ada yang bisa bantu.
kalu ada listingnya, saya minta tolong dibagi ke alamat imel saia. “nissadwi@yahoo.com?”
kebaikanmu membawa arti buat aku. terima kasih…..


Sorry comments are closed for this entry

%d bloggers like this: