jump to navigation

Visual Basic – MySQL – VSFlexGrid – Crystal Report (2) August 30, 2006

Posted by sarach in Crystal Report, MYSQL, Tips Programming, Visual Basic.
trackback
VB MySQL

Setelah database beserta tablenya dibuat, berikutnya kita siapkan modul entrynya menggunakan aplikasi VB. Berikut tampilan dan listing programnya

 Lakukan langkah Berikut :

1. Buat satu Modul (namakan global.bas)
2. Isikan modul tersebut dengan Syntak2 Berikut :

Public objCnn As New ADODB.Connection
Public objcmd As New ADODB.Command
Public objRst As New ADODB.Recordset
Public USRText As String
Public PWDText As String
Public PortText As String
Public strconnect As String
Public ServerAddress As String
Public DatabaseName As String
Sub SQLConnection()  
    ServerAddress = “localhost”
    USRText = “root”
    PWDText = “”
    DatabaseName = “market”
    PortText = “”
    Set objCnn = Nothing
    strconnect = “Provider=MSDASQL.1;Password=;Persist Security Info=True;User ID=;Extended Properties=” & Chr$(34) & “DRIVER={MySQL ODBC 3.51 Driver};DESC=;DATABASE=” & DatabaseName & “;SERVER=” & ServerAddress & “;UID=” & USRText & “;PASSWORD=” & PWDText & “;PORT=” & PortText & “;OPTION=16387;STMT=;” & Chr$(34)
    objCnn.CursorLocation = adUseClient
    objCnn.ConnectionTimeout = 0
    objCnn.Open strconnect
End Sub

Sub SQLDisconnection()
    Set objRst = Nothing
    Set objcmd = Nothing
    objCnn.Close
End Sub

2. Buat Form seperti Dibawah ini

3. Pada tombol Save isikan syntak berikut (perhatikan pada penamaan objek Text Box dan Tanggal !!) :

 Select Case MsgBox(“Do you want to save the record?”, vbQuestion + vbYesNoCancel, “Confirmation”)
                Case vbYes
                   ‘ If Not bValidate Then Exit Sub
                   
                    Call SQLConnection
                    strSQL = “INSERT INTO marketdetail (ID, Comodity, Quantity, Negara, Dest, Tanggal, CW, Berat) ” & _
                        “VALUES (‘” + Trim(Me.TxtName.Item(0).Text) + “‘ , ‘” + Trim(Me.TxtName.Item(1).Text) + “‘, ” & Me.TxtName.Item(2).Text & “,” & _
                                ” ‘” + Trim(Me.TxtName.Item(3).Text) + “‘ , ‘” + Trim(Me.TxtName.Item(4).Text) + “‘, ‘” + Format(Me.TxtDate(0).Value, “mm/dd/yy”) + “‘, ‘” & Me.TxtName.Item(5).Text & “‘, ‘” & Me.TxtName.Item(6).Text & “‘)”
                    objCnn.Execute (strSQL)
                    Call SQLDisconnection
             Case vbNo
                   msgbox “Gak Jadi !!”
            Case vbCancel
                   Msgbox “Batal”
            End Select

Comments

1. suwandi - August 31, 2006

saya mau nanya rumus carinya apa

—-
rumus cari apa ya ?

2. X-Man - September 8, 2006

Mass…
itukan untuk insert.
bagai mana utk query ?

Tolong dunk

—–

untuk syntax querynya , kebanyakan hampir sama dengan querynya Ms SQL Server atau ACCESS.
contohnya bisa dilihat pada posting :
https://pondokindah.wordpress.com/2006/09/15/visual-basic-mysql-vsflexgrid-crystal-report-3/

3. yadith - December 21, 2006

mz mau nanya kalo mau buat format tanggal dalam text agar terdapat garis datar ( – – ) (12-12-1900) jadi tinggal ngetik angka doang gak ngetik dgaris datar lg

4. yuni - January 24, 2007

Itu tombol Add-nya diisi apa,kak?

5. sarach - January 24, 2007

buat Yadith – >> coba gunakan komponen MaskEdit Box

Buat Yuni ->> Tombol Add yg saya gunakan dan kebanyakan lain biasanya hanyalah untuk Clear Form Saja, atau clear form plus Counter untuk Header ID nya saja

6. yuni - January 30, 2007

Assalamualaikum…
Kak, saya pengen nanya lagi niy :
1) Setelah melihat syntax diatas, komponen textbox-nya (TxtName) kan pake properti .Item( ).Text, berarti cara penamaannya di properti form gimana?
Kalo di form dikasih nama biasa misalnya txtID, txtQty, dll, berarti di syntaxnya juga pake .Item( ).Text atau langsung .Text?

2) Form diatas gak pake Adodc ya,kak? Kalo gak, caranya menampilkan hasil input di tabel Datagrid gimana?

3) Kak, tau gak syntax-nya VB untuk menambah data (add) pada suatu form master? Tapi IDnya diset auto increment di program VBnya dan terdiri dari huruf dan angka (misal:A1,A2,dst), jadi kita gak perlu nginputkan ID lagi. (nge-set auto increment-nya bukan di database loh,kak)
Trims atas jawabannya. Maaf pertanyaannya terlalu banyak.
Wassalam.

7. Andriansyah - March 13, 2007

Saya soba bantu jawab pertanyaan Yuni,

1. properti .item() digunakan jika kita membuat suatu komponen yang berindex. Contoh kita mau buat 3 komponen TextBox, kita namakan text1. Lalu kita ingin membuat 2 buah lagi komponen TextBox dengan nama yang sama (Text1). Nah untuk membedakannya itu adalah index. jadi nanti nama komponennya adalah Me.Text1.item.(0), Me.Text.item(1),Me.Text1.Item(2).

2. Ya.
Gunakan recordset untuk menampilkan data di DataGrid

3. Untuk add data ke database lebih baik gunakan “INSERT INTO”.
Untuk menggenerate otomatis secara acak, lebih baik buat function sendiri di VB. Dan itu adalah tugas Yuni bagaimana logika pemrgoramannya…(hehehe..pasti bisa donk..itu kan materi waktu kuliah loh.. :D)

8. Lucyana - April 24, 2007

maaf saya butuh bantuan untuk Tugas Akhir saya tentang Aplikasi pembayaran SPP pada Sekolah menggunakan VB 6.0 dan Acsses saya sedang bingung dengan coding untuk aplikasi database ke VB..
kira-kira apa saja yang dibutuhkan….
mohon bantuannya
terima kasih

9. indra es - April 25, 2007

kkekeke salam kenal dg sy
sy mau ikutan bikin WEB BLOG kaya gini.. buat belajar.. tunggu INFO lanjutannya yah.. WEB lagi dibuat… atau kirim2 imel buta yg mau belajar ke —> indraes@yahoo.com
tx

10. adhis - April 26, 2007

sy mu nanya nie…
bagainama cara memformat textbox untuk input uang, misal “1.000.000″ (ada ppemisah dengan menggunakan titik) ????
thank’s before!!!

11. ririe - May 6, 2007

hy..saya mau nanya tentang aplikasi pembayaran rekening listrik pake VB 0.6 dan database sql server 2000.
boleh minta contoh aplikasinya gak??tolongin ya…

12. wiwit - May 9, 2007

Salam,

mas aku lagi buat index tabel dalam vb tapi kalo pake visdata manager mentoknya di microsoft engine .. kalo pale access mentoknya indexinya gak terbaca sama programnya padahal di access udah buat

aku udah buat seperti berikut :

diawal

dim pembelian as database
dim rsbarang as recordset

private sub load()
set pembelian = opendatabase(“pembelian”)
set rsbarang = pembelian.openrecordset(“barang”)

rsbarang.index = “KDBRG”

apakah ada yang salah mas …

wassalam

Wiwit

13. arie - May 12, 2007

assalamualaikum wr,wb
mas maksud dim pada visual basic itu apa sih ya,maksudnya pendeklarasian itu apa.misalnya ada dim db.database dan RS. recordset.
makasaih
wassalam

arie

14. Joe - May 17, 2007

Mas… ikutan nanya…

Gimana caranya bikin database access pake vb (termasuk tabel-tabelnya donk). trus misalnya kita mau nambah field di tabel yang sudah ada atau menghapus field yang udah ada di tabel (database access) dengan perintah vb gimana?

Makasih banyak ya…

15. Joe - May 17, 2007

Mas nanya lagi…

Gimana caranya copy tabel dari database lain (nggak harus msaccess) ke dalam database acces, tapi di database access-nya belum ada tabel yg sama lho… mungkin istilahnya mindahin tabel ke database acces gitu lho..

makasih lagi..

16. iyazz - May 22, 2007

mas gimana klu buat penambahan tetapi, hasil dari penambahan itu di tambahkan lagi ke transaksi berikutnya yang transaksi pertama langsung tersimpan ke database

17. SA'BAN - June 15, 2007

MAS GIMANA CARANYA JIKA DITEXT MEMPUNYAI NILAI YG SAMA DI DATAGRID TRUS KELUAR MESAGE KLW DATA DI DATAGRID SAMA AMA YANG DI TEXT, TRUS GIMANA CARANYA SUPAYA DITEXT ITU SAAT KITA KETIK KARAKTER PERTAMA KELUAR KARAKTER SELANJUTNYA, APIBALA KARAKTERNYA SAMA DITABEL DATAGRID ITU

18. SA'BAN - June 15, 2007

mas aq mau nanya gi ni. gimana caranya supaya kita bisa mengenali alamat yang ada diusb pake VB 6.0. rencana aq mo buat passworsd di usb apbila ada yang mo masukan usb diflasdisk. ya.. soalnya temen pada jahil sih…,masukin flash sembarangan aja dikomputer aq, pleasee kasih tau

19. Sudianto - June 18, 2007

mas, saya sudah cobain code-nya di atas.
tapi waktu dijalankan hang. napa ya?

setelah saya cek satu per satu, sepertinya di masalah query (recordset).

oya , saya pakai MySQL yang didapat dari phpTriad.

saya juga coba bikin kode sendiri, VB6 dan MySQL.
koneksi bisa, tapi mau query ya gak bisa gitu.

Saya mau sertakan kode saya dalam bentuk .zip, gimana caranya?

Thanks banget! Situs ini dan tulisan-tulisan Anda sangat bermanfaat sekali bagi perkembangan TI Indonesia lho!

20. dedy - June 24, 2007

Saya lagi membuat program rent.vcd db pakai mysql v.4, itung2 smbil blajar soalnya di instansi tempat sy bekerja menggunakan

db mysql(wamp server), sy jg pake wamp server,
metode pakai data environment,
mslahnya pada waktu data diubah (edit) field ‘judul (varchar(50),null) awalnya terisi jumlah string terpakai 20 karakter tapi

setelah diupdate(save) dengan data yang baru yang jumlah karakternya lebih dari 20 (cth.’dedy’ di.update pakai ‘dedysss’) dia

error dng pesan ‘runtime error ‘-21472217887(80040e21)’;multiple-step operation generator errors, Check each status value.’

Bisa bantu nggak???

21. slide_boy - June 26, 2007

boss tau gak sih caranya apa bila kita ingin membikin program misalnya kita punya 2 text box yang satu kita isi dengan angka dan yang satu nya lagi biar bisa keluar huruf cara yang cepet gimana sih soalnya saya punya tugas ngebaca angkanya itu ampe satu Milyar jadi kalo pake manual lama niech mohon dibales yah ke email aq ke eko_keren229@plasa.com aku mohon dengan cepat yah??? PLIZZZZ

22. n.hermasnyah - June 28, 2007

Maz expert, minta bantuannya dong, gimana ya caranya bikin menu inputan data di datagrid. Yang saya mau adalah klo dikolom ke1 diiisi kode barang, maka kolom selanjutnya otomatis keluar namabarang, harga barang, dan klo kita input qty di kolom lainnya maka otomatis muncul total harga di kolom lainnya. Apabila pertama kali kita buka aplikasi ini, dia akan menampillkan data record yang saain ini ditunjuk oleh pointer

23. herry - July 2, 2007

mas , saya mau tanya nich saya baru belajar vb 6, tapai ada kesulitan seandainya saya ingin menggunakan table extension lain misalnya table dr access atau dari excel gimana yach , kl di access khan ada perintah import , atau gunain odbc, kl di vb gimana mas…..?????

.

24. early - July 3, 2007

minta tolong ….. urgent…
gimana menampilkan data ke datagrid dari access ke vb dengan menngunakan adodb….
thanks y

25. ipasmu7 - July 3, 2007

buat n.hermasnyah :

Pakai VlexGrid..lebih mudah.

26. sabar - July 7, 2007

mas, tolong berikan saya contoh menggunakan listview pada vb.6,tlg kirimkan ke email saya ya, please!!!thank you

27. yanto - July 12, 2007

saya minta tolong dikasih tau caranya mengkoneksikan aplikasi vb 6 dari client ke server mysql 5. saya udah dicoba koneksi itu tapi hanya di localhost dan berhasil. Tetapi saya pisahkan database ke komputer server dan hasilnyanya aplikasi vb dari client tidak mau koneksi padahal hostname udah saya rubah pakai IP address dari server yang ada database mysql 5 itu. tolong dibantu pengalamannya. terima kasih

28. jeks_steve - July 12, 2007

Gimana Mas.. menggunakan Crystal Report 10.0 di Visual Basic..
yang saya tanyakan pengkoneksiannya.
setelah saya coba beda tuh sama Crystal Report 8.5 ataupun kebawahnya.. yang sama hanya bisa di update saja…
tolong ya mas,.. klo bisa sekaligus contohnya Mas,,

sebelumnya saya ucapkan terima kasih,,,

29. noel - July 15, 2007

mas pinter giamana script vb utk koneksi ke scan barcode??
thanx b4

30. Nurhadi - July 16, 2007

mas saya mau nanya, Bagaimana bagaimana caranya mengcopy/memindahkah satu/beberapa “Field” dari tabel satu ke table lain (Transfer Fileds antar tabel)

31. dewi - July 20, 2007

Saya mau nanya gimana caranya menghapus data dari 2 tabel dalam satu datagrid karena klo saya coba pake 1 tombol hapus tidak bisa befungsi dan debugnya karena record belelasi,terima kasih.

32. dewi - July 20, 2007

saya mau membuat jadwal pelajaran otomatis,tp saya kesulitan gimana caranya membuat kodingan dengan mengambil banyak tabel

33. dayat love desy - July 27, 2007

mas saya mau minta program yang udah jadi aja jadi gak usah repot2. please

34. agung cinta sejati desy - July 27, 2007

mas aku minta tolong buat bikin syntax vb yang bagus gmn caranya

35. reza dan desy cinta sejati - July 27, 2007

saya mau tau gmn caranya belajar vb agar cepet ngerti

36. eka - August 4, 2007

TASK nya cra buat billing apa sulit y?
mohon di lampirkan juga task buat kalkulator yang lengkap

37. adam - August 6, 2007

selamat pagi mas,
saya adam…saya mau minta tolong karena saya saat ini sedang dalam proses pembuatan program untuk tugas akhir saya. yang saya mau tanyakan gimana connection nya sql dan bisa tampil di data grid. apa dengan memakai adodc dulu ato gimana ???

mohon bantuan nya ya mas,,,,thanks before….

38. bejo Mangkurat - August 9, 2007

mas mw nanya pake y sql ada g cara koneksinya yang autoconnection….????kalo ada gimana caranya……please………!!!!!

39. siswo utomo - August 29, 2007

Saya mau tanya cara update data, misal saya ada penjualan tgl 1, barang a terjual 10, tgl 2 barang a terjual 20,tgl 4 barang a terjual 5. jadi total barang terjual 35. Barang saya sebelum terjual ada 100, jadi tolong bagaimana cara update barang saya tersebut agar barang saya menjadi sisa 65.
Demikian terima kasih banyak atas jawabannya.

40. tutiiiii - September 24, 2007

heheheheheheheheheheeheheh………………………

41. snd - October 4, 2007

huahahahaha….banyak yang pusing ya :)
tambahin ah…sy sering liat aplikasi vb yang bisa di sorot (seleksi) kalo browse, trus skali klik, datanya pindah ke form, gimana ya?

42. Kurniadi - October 11, 2007

mau nanya bagaimana caranya saya berlajar membuat program dengan cara mengabungkan program visual basic dengan acces dangan bangaimana cara berlajar membuat porgram tolong kirim ke mail saya

43. Herman - October 16, 2007

mas, saya lagi buat tugas pra skripsi tentang aplikasi pembayaran spp sekolah pake vb. tapi saya bingung neh dengan vb nya n koneksi ke akses serat crystal report. boleh tolong kasih referensi. and contoh2nya ga?thx bgt.

44. atak - October 24, 2007

maz,…
sya lg magang d sbuah prshaan dan skrng sy sdng mndpatkan proyek aplikasi inventory mnggunakan vb
sy mnggunakan database access,..tp sy sll bmsalah d coding

maz,…saya mnta tlng d kirimn cntoh aplikasinya
myfam_ferlata@yahoo.com

trimakasih

sy skrng sdng bnr” mmbutuhkannya,…

45. Rizal - October 30, 2007

tolong dong buatin program kalkulator di visual basic,,,,,,,,,,,,,
pusing banget nich,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,
ga dapet-dapet
tolong ya mas,,,,,,,,,,,,,,,,,

46. doni - November 3, 2007

bos tulungin saya dong …
ada yg tau kode untuk meng-export tabel yang ada di sql server 2000
ke ms. excel pake vb 6.

saya pusing cari di google …

do itashimasuta
mynameisdoni@gmail.com

klo ada yg punya kode nya tulung dikirim ke email sayahhhh yahhhh

47. dedey - November 10, 2007

Cara menampilkan data yang berisikan data null gimana?
Soalnya kalo di tampilkan di text box langsung ada muncul pesan kesalahan ‘Invalid use of null’..
Please bantu dong

48. opelkinkong - November 17, 2007

Klo buat login gimana om..??

49. li@ - November 25, 2007

kak pengen tanyain gimana cara koneksiin program vb client server?
saya ga ngerti. saya ada tugas buat program billing warnet.apa program nya diinstal di client dan server ato gmn?trus pada saat di client tekan tombol Logim bisa muncul di billing server gmn?

50. hermanprayitno - December 2, 2007

salam kenal aja mas.

51. Spyrogyra_sp - December 10, 2007

Salam Kenal Mas..
kalo ada kesulitan, saya bisa tanya ke mas ya.. :D

52. AriZ_sandi - December 10, 2007

pada semuanya doakan saya biar cepet bisa pemrograman yach

Aminnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnn

53. Spyrogyra_sp - December 12, 2007

Mas “Expert” dan mas2 serta mbak2 yang lain
Mo tanya..di vb6.0 ketika kita mau buat Installer nya,di proses Package, gimana caranya spy file database serta file2 pendukung seperti MS Word(misalnya) bisa ikut juga ya? beberapa kali coba, yang ikut di file ZIP / di Folder Support nya hanya file2 berextensi .ocx (misalnya)+file.exenya aja, tapi file databasenya, dalam hal ini MS Access, ketinggalan.
Sapa pun yang mengerti, mohon di tanggapin+dijawab ya..
Terima kasih.. :)

54. felisia - December 13, 2007

mas saya mau tanya gimana cara mengeluarkan tampilan dengan metode exce pada visual basic versi 6.0 agar kita bisa lgsg menampilakn form yang telah kita buat tanpa perlu membuka terlebih dahulu lewat program VB nya itu

55. Spyrogyra_sp - December 13, 2007

@felisia
Salam Kenal..kalo boleh saya menyarankan :
buat dulu file exe dari project yg kita buat, melalui menu File nya aplikasi VB 6.0 –>make project1.exe, file tsb bebas di simpan di direktori apa aja. dengan men dobel klik file project1.exe tsb kita menampilkan Form yg telah kita buat tanpa harus membuka Aplikasi VB 6.0 terlebih dahulu

Maaf buat mas Expert, mas / mba’ yg lain yang lebih mahir, bukannya saya mengajari.
Terima Kasih

56. liana - December 19, 2007

saya mau tanya bagaimana cara insert data null dari vb ke sql server??
atau cara update data yg ada jadi null??

terima kasih

57. Faza - December 27, 2007

maap numpang tanya tentang billing warnet ni…
itu pas komputer client di stop datanya kan langsung kluar di server (biasanya meliputi : nama pengguna, harga sewa, no komputer).
nah yang mo aq tanyakan, algoritma pengiriman datanya itu seperti apa? apakah perlu dibuatkan database? bila iya, databasenya dibuat di server atau di komputer client?
mohon bantuannya! ni almat email aq : paijo@student.eepis-its.edu atau faza_it05@yahoo.co.id

58. tasya - January 7, 2008

Haloo semua master – master vb,

mau nanya nih gimana sih, cara manggil crystal report 9 melalui vb, saya menggunakan cara yang sama pada crystal report 8 tidak bisa dengan source :

Private Sub cmdprint_Click()
Lihat_Report “namareport”, “{namaview.namafieldkriteria} = ” & nilaikriteria
End Sub
Sub Lihat_Report(laporan As String, saring As String)
With CrystalReport1
.LogOnServer “p2ssql.dll”, “namaserver”, “namadatabase”, “uid”,”password”
.ReportFileName = App.Path & “\report\” & laporan & “.rpt”
.WindowState = crptMaximized
.SelectionFormula = saring
.Action = 1
.Reset
End With
End Sub

Mohon Pengarahannya para master vb
Thanks

Email : tasya.a.zahraatgmail.com

59. rini - January 10, 2008

salam vb lovers….
mas saya mau nanya ada gak aplikasi or syntax vb dalam laporan keuangan. kalau ad tolong kirim k email saya. please………….
thanx bgt

Email : vitranaga@yahoo.co.id

60. Recki Frandes - January 15, 2008

Mo tnya nih kak…
Gmn sintax VB 6.0 nya…untuk menampilkan IP adress komputer kita?
Kan selama ini kita tahu cuma lewat cmd.com ketikan ‘ipconfig’

Nah ku g th kalo menampilkan d form VB dgn sintaxnya…

Mksh sblmnya ats bantuannya yaa….. :)

61. Recki Frandes - January 15, 2008

Ada lg…kak.
Tolong d bg ya kak ilmu nya,

Ku dr dl pngn nya bisa menggunakan DataReport ja…krn g prlu install lg kayak CrystalReport.

Tp mslhnya……: kalo kt menset dbase n record2Xnya melalui sintax VB 6.0,gmn ya?kan selama ini kt set nya selalu di propertis DataReport nya…spt Data1 gt…:)

Nah kalo dah kt set dbase n record2Xnya dr Sintax Vb ja he2X….Thank’s kak!!

ku tggu ya kak ni e-mail ku…:) thank’s lg.

62. ari - January 20, 2008

mas, saya mo minta contoh program jadi, please mas. program simple sja mas, yang ada menggunakan data dan dbgrid. walau hanya 2 form gpp mas. maaf ngerepotin. terimakasih

63. ALex - January 22, 2008

Mas Bantuin dong bagaimana membuat Program Inventory di Vb

64. azis - January 22, 2008

Salama kenal saya mungkin pendatang baru d situs ini,
saya sedang membangun aplikasi klinik apoik ada yang bisa bantu saya tentang analisa sytemnya atau ada yg punya reverensi situs lain boleh dong minta….?

65. AlienJowo - January 29, 2008

Mas,saya mo nanya gimana caranya klo kita pengen nampilin record di DBGrid ke Excel….skalian listingnya ya mas….!!!Trims

66. MANULLANG - February 6, 2008

Gimana Cara Package VB 6.0 dengan Crystal Report 8.5

67. sisca - February 6, 2008

mas mau tanya dong…
saya mau buat report data dengan seleksi data. yang saya mau tanyakan gimana cara buat perintah sqlnya dalam sqlbuilder di data environtment. kalo perintah sql biasa “select *from data where Nama like %’sisca’% “.perintah apa yg digunakan dalam sqlbuilder di data environtment untuk “like” tersebut?
terimakasih…

68. sisca - February 6, 2008

mas mau tanya dong…
saya mau buat report data dengan seleksi data. yang saya mau tanyakan gimana cara buat perintah sqlnya dalam sqlbuilder di data environtment. kalo perintah sql biasa “select *from data where Nama like %’sisca’% “.perintah apa yg digunakan dalam sqlbuilder di data environtment untuk “like” tersebut?
terimakasih…

Email: s_xha@yahoo.com

69. Abdul Rozak - February 11, 2008

assalamualaikum
salam kenal, saya abdul rozak saya biasanya menggunakan microsoft access 2000 saat ini saya sedang mencoba membuat dengan visual basic tetapi saya ada kendala yaitu subform
bagaimana caranya saya membuat subform dengan data tabel temp
penjualan (tabel penjualan sementara) yang selalu kosong ketika nota sudah dibuat untuk program kasir kalau dengan microsoft access sepertinya mengkaitkan control sangat mudah. Saya mohon bantuannya dan terima kasih.
wassalamualaikum

70. iwan kurniawan - February 13, 2008

Hai saya mau tanya ? gimana sih buat sistem log in pada windows start Up, Anti CTRL ALT Dell. yang ngambil Privilagenya dari server. pake Vb info dong?

71. whianuka - February 19, 2008

Hiii salam kenal.. saya pengguna baru dalam vb….
mo nanya negh gimana nampilin crystal report control di VB 6 soalnya di add componentnya ntu sendiri ngak ada.. untuk crystal reportnya sendiri saya gunakan yang 10..
apa ada yang salah dalam penginstalan vb atau crystal report saya atau bagaimana… ???
mohon bantuanya……. sebelumnya makasih ya…

72. chaa2 - February 20, 2008

mas bantuin saya buat tugas akhir database access dengan visual basic 6.0.untuk kalangan program D1 informatika aza.contoh tugas akhir yang sudah jadi kirimkan ke email saya yach!!!!!makasih.

73. catoer - February 22, 2008

gimana cara mengisi halaman pada report VB 0.6

74. sudarwin - March 2, 2008

Mas saya minta bantuannya,tolong buat laporan dengan crystal report pertanggal Misalnya : 01/03/2008 -30/03/2008 tolong banget ya mas.

75. Tir@m - March 7, 2008

nanya nih,

aq pengguna baru dalam VB.
aq pengen tambah record ke Access, tp aq ga mau yg pake script AddNew, aq pengen yang pake SQL syntax “insert into”.
dah tak coba pake Adodc error.

ada yg tau ga gmn?

76. anesaa - March 17, 2008

coba mas lihat di http://belajarphp.100webspace.net

banyak sekali contohnya vb dengan sql syntax dan lainnya

77. dodi - April 18, 2008

bagaimana cara membuat switch board pada acsses ? thank’s

78. lukman - April 21, 2008

saya minta contoh biling yang di gunakan di warnet

79. budhi - May 19, 2008

mas salam kenal vb lover,mas kalo ada contoh program yg vb pake mysql bagi dunk mo pelajarin coz saya lg bikin Tugas Akhir,thx ya mas mudah-mudahan ada hehe kirimin ke email aja ,,,,,

80. Luffy - May 31, 2008

Mas po Mbak tolong kasi Keterangan programnya …. biar jelasa

81. Lukman - June 1, 2008

Mas tolong kasih tau dong bagaimana coding untuk memfilter
laporan dari tanggal x ke tanggal x mengunakan Crystal Report
4.0 maklum pemula

82. icha - June 4, 2008

Assalamualikum,,
mas betul bisa nolong saya//
sya ada tugas disuruh buat contoh progran make vb 6.0..
tp sy gbs..
Kya prhitungan kalkulator gitu.. bisa bantuin gak???
lease.. nasalahnya aq gaptek klo mta kul pemograman.. asti gbs terus..(!_!)

83. amir - June 4, 2008

Mass, mau nanya, kalo syntak buat nambah object, misal textbox itu gimana yach. jd misal, saya buat form yg di dalamnya ada commondbutton yg nantinya kalo di klik akan keluar textbox baru.semakin banyak di klik, maka textboxt akan nambah terus…gimana yach syntaxnya…Tks

84. budi - June 19, 2008

Dear,

Mas, bisa minta tolong nama table amf10708, problem minta di update lagi sedangkan saya my sql2005 tidak mengerti bantuain mas cara update database 2005 langkah2nya gimana,… please ya.

85. deni - June 19, 2008

My name deni

Bang, maaf mau minta tolong ajarin dong my SQL 2005. Soalnya banyak perusahaan menggunakan My SQL 2005. saya mau melamar kerja tidak bisa. saya mohon ajari langkah-langkah update. seperti budi bilang sama.

86. Rizal - July 7, 2008

Permisi…. Mau minta tolong… Gimana sih caranya untuk bisa simpan data ke form lain. contoh saya buat satu form dengan banyak komen dan pengisian data. jika klik simpan dia akan save ke form lain. itu gmana caranya… code pa yang harus di ktik…??? makasih sebelumnya….

87. hartoto - July 8, 2008

ini ada tambahan resource untuk belajar vb6

ada contoh kode dasar, database, report dll..

ampe ke vb.net

88. deri - July 8, 2008

klo insert lebih dari satu group values nya gmn????
klo sql murninya co :
insert into tbl no_induk (no_induk,nama) values (001,’asep’),(002,’arif’)
….. bisa ga yach?????

89. doez - July 10, 2008

thank’s

90. helni - July 10, 2008

saya mau minta contoh form data transaksi mengunakan dta grid yg bisa diinput dan apa bedanya mengunakan data environment dibandingkan mengunakan cristal report

91. MM - July 16, 2008

mas saya mau nanya,,,,
gmn sih cara menghapus database indoBilling Server versi 5.10,,,,

kirim email sya di burnwist_community@yahoo.com

92. tebo - July 28, 2008

Mas,Syntax untuk pencarian data gmn?saya pake Data environment,trus database nya pake Access 2000.Untuk pencarian nya saya pake textbox,tolong dibantu y mas?bwt bkn skrip ne,he…
Kirim k email saya y?secepatny…pleaze…
tebo_mo2tz@yahoo.com

93. Ridwan - July 31, 2008

Assalamu’alaikum?

Mas, minta bantuan untuk membuat jadwal pelajaran sekolah dengan sistem random otomatis gimana ya ?

Biar sekali proses jadwal bisa langsung dibuat.

Sebelumnya Terimakasih Banyak.

Wassalamu’alaikum wr. wb.

94. Ahmad - August 14, 2008

Assalamu’alaikum Wr. Wb

Mas mohon gantuannya bagaimana caranya agar pada text tidak bisa diisi dengan huruf tapi hanya bisa disi dengan angka …

Trima kasih

Wassalamu’alaikum Wr. Wb

95. rizka - August 15, 2008

assalamualaikum
mf mgganggu
saya mau nanya
tolong kasih tau rumus membuat login
saya mendapat kesulitan
trima kasih

96. Yadiec - August 22, 2008

mas ikutan nanya ni aku pemula yg terjun ke programmer
yang ingin aku tanyakan adalah gini
misalkan
Aset…kode 09
anak aset kode 09.01 Harta 40
anak aset kode 09.02 Harta 50
Total Aset 90
Kas .. kode 89
anak kas 89.01 harta 80
anak kas 89.03 harta 80
Total 160
All =Aset+Kas hasilnya 250
Nah pertanyaannya gimana caranya untuk menjumlahkan diatas dlm 1 tabel

Tolong mas ….. Bantuin Donk

97. Yadiec - August 22, 2008

Mf Menggunakan Visual Basic

98. nita - September 2, 2008

saya ingin bertanya masalah pembuatan report di cristal report…

99. rudito - September 7, 2008

boleh ikutan dong mas gimana sintaks /listing program nya buat joint table gitu pleeeeese

100. Yohanes Otto Maryoto - September 10, 2008

Mas, saya tuh baru belajar pemprograman pake VB6. Waktu mau nampilkan DBGrid di form tuh ga bisa, ada pesan: License information is not found. Trus apa yang harus saya lakukan selanjutnya.
Trima kasih jawabannya.

101. sarach - September 10, 2008

DBGrid sudah lama gak saya gunakan, itu saya pakai waktu saya masih gunakan VB40, saran saya coba gunakan object grid yang lainnya, misalnya flexgrid (3rd party) atau paling tidak gunakan datagrid.
tapi jika masih tetap pake dbgrid, coba vb-nya di reinstall lagi

102. Muri - October 6, 2008

kalo data base client server itu kayak gimana yaaaa ??? Tolong kasi contoh … yang sama kayak sualayan itu llooo …. Makasih

103. meazza - October 8, 2008

Haluw..
buat semua aja ne, algoritmanya biar client bisa connect ke server tuh gmn seh??tolong ya buat smua yg bisa bantu ak ak tunggu jwbnnya san_siro87@yahoo.com

104. christ_ton - October 10, 2008

Mas..kirimin kita donk..contoh kasus..lengkap dalam pembuatan program (database, table, dan report)..

maklum kita ini “NEW BEGINNER FOR VISUAL BASIC”

Thanz..ya sebelumnya

105. dhea - October 17, 2008

Mas…aq mw tanya,knp iia tiap aq bikin program pke vb,acces dan crystal report selalu error klo uda di package di cobain di komputer lain????ada file missing gtu,,uda aq coba copy ke c/windows/system32 trus uda di regsvr32 qo ttp error iia..masa c aq msti install crystal report m vbNy di komputer client…cape d!!!trus klo report dpndah k komputer laen qo jdi g bsa buka…apa aq gtw carany atw emg vb m crystal report tuh g begitu compatible???Plizzz ksh tw carany iia mas…mksh bgt sblmny…kirim jwbnny k : dee_dochlo@yahoo.com

106. alwan - November 8, 2008

mas tolong dong ajarin gmana cara buat listing program tombol save
dan buat report di visual basic 6.0

107. warni - November 9, 2008

mas mau ikutan belajar vb donkz..

108. Citra Revewati Simanjuntak - November 17, 2008

Dear,..
Mas saya mau tanya nich, Bagaimana cara membuat Program Counter Warnet dengan menggunakan Visual Basic ? Soalnya saya mau membuat Tugas Akhir n’ saya tdk tahu harus memulainya dari mana. Ini sangat penting bangat mas soalnya saya diberi waktu sama dosen saya hanya 3 Minggu, jadi dengan segala hormat tolong di bantu ya mas. Dengan akhir kata saya ucapkan terima kasih.

109. Ongi - November 28, 2008

mantap Bro atas Tutorialnya. :) sukses buat blognya kamu

110. kgung7\ - December 6, 2008

Salam kenal nich tuk semua.
Oiya saya mau nanyain kok VB 6 saya kalo mau di Packging(‘”biar jadi file setup”) itu muncul pesan bahwa ada file bawaan yang “OUT OF DATE” nah itu apanya yah. apa VB yang sudah Expired padahal saya pake Full Vesion / atau ada apanya gitu?
Tolong yang bisa balas di brug_abang@ yahoo.com

111. Heru Susanto - December 8, 2008

mas boleh saya minta program pakai VB 6.0 dengan mysql tentang aplikasi Sistem Informasi perhotelan,terima kasih banyak sebelumnya..

112. Ninik - December 13, 2008

mas….. isi’a databes tu aap

113. miftah - January 8, 2009

aku mau tanya bagaimana carannya mengkonekkan field antara tabel tolong partisipasinya kalao bisa tolong kirim email ke miftahcaem@yahoo.co.id

114. ade fitria - January 15, 2009

mas gmn ya cranya bwat program pembayaran spp..???
bingung ni…
mohon bantuannya ya…!!!

115. Yuda - January 23, 2009

permisi !!
mas aku mau tanya bisa nggak misahin karakter setelah diberi spasi. Misalnya (SLMA 123yu-rt56-u76) jadi yang bagian (SLMA) itu di (.Additem) ke list pertama trus (123yu-rt56-u76) di (.Additem) ke list kedua.
saya mohon bantuannya mas…

116. Yuda - January 23, 2009

oh iya sampek lupa, itu tadi saya pake program VB.6 yang saya maksud bagaimana isi syntak untuk command (OK) supaya hasilnya seperti tadi

117. boniandika - February 19, 2009

pagi semuanya,,,,,
mau tanya lagi nich
saya gi beljar vb n mysql
dalam tabel ada field harga (typenya=smallint) dan tgl (typenya=date)
ada yang tahu sintax untuk simpannya ga?

berikut sintax yang sdh saya ketik,,tapi khusus u/ tgl masih error tapi u/ yang lain dah bisa (terbukti ketika field tanggal ditiadakan,,seluruh field bisa disimpan)

sqlsimpan = “insert into transpembelian” _
& ” (no_pembelian,kd_sup,tgl_beli)” _
& “values (‘” & tno.Text & “‘,’” _
& tkodesup.Text & “‘,’” _
& ttgl.Text & “‘) ”

oya,,,berikut sintax yang saya ketik untuk deklarasi tanggal di data module

Public Function tglskrg(tgl As Date) As String
tglskrg = Format(Day(tgl), “00″) & “/” _
& Format(Month(tgl), “00″) & “/” & Format(Year(tgl))

makasih semuanya

118. boniandika - February 19, 2009

oh iya,,ini email saya: boniandika@yahoo.co.id


Sorry comments are closed for this entry

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

